Rabu, 28 September 2016

KEWIRAUSAHAAN



NAMA    : MITA SEPTIANI
NPM       : 25213517
KELAS  : 4EB21
DOSEN  : TANTI ARFIANTI DEWI



Kisah sukses usaha kecil menjadi besar 


Nama Usaha               : Makaroni Ngehe
Pemilik usaha              : Ali Muharam
Jenis usaha                : Kuliner
Omset usaha             : 3-5 juta perhari  (pergerai)
Cabang Usaha           : 11 cabang
Tahun berdiri             : 1 Maret 2013
Modal awal                :15-20 juta
Jumlah karyawan       : 90an karyawan (pada bulan September 2015)
Kisaran harga             : 5500-7500/bungkus

Berawal dari ketertarikan saya ketika melihat gerai makaroni ngehe yang selalu ramai antrian dipenuhi oleh para pembeli, dari anak kecil sampai orang dewasa.  Dengan nama usaha yang unik, menambah rasa keingintahuan saya untuk mencari tahu lebih dalam mengenai usaha cemilan ini.
Menurut pengalaman saya pada saat datang ke gerai makaroni ngehe cabang jatiwaringin adalah tempatnya yang tidak terlalu dipenuhi oleh meja, kursi atau hiasan-hiasan lainnya. Bisa dilihat dari luar gerai hanya terdapat seperti tali pembatas untuk mengantri dan disediakan beberapa kursi plastik untuk para pembeli. Dengan cara pelayanannya yang unik yaitu semua bahan ditata di wadah terpisah di atas meja saji. Tersedia dua bumbu pilihan, asin atau pedas, sesuai selera. Bisa jenis tunggal atau kombinasi dari berbagai jenis camilan yang ada.
Pembeli juga bisa menentukan tingkat keasinan atau kepedasan camilan. Sesaat setelah kru penyaji mencampur bahan dan bumbu, pembeli dipersilakan mencicipi tingkat kepedasannya. Proses mencampur itu menghasilkan suara unik dan menjadi atraksi tersendiri. Proses mengalami itu menjadi nilai tambah yang menjadi daya tarik Makaroni Ngehe. Walaupun nama usahanya ada makaroni tapi tidak semua menu makaroni, ada beberapa  varian menu contohnya ada menu bihun, mie kering dan otak-otak goreng.Jika dilihat dari omsetnya bisnis ini sangat mengiurkan, karna pemilik pada saat itu yang berstatus mahasiswa dapat mencari peluang yang sangat bagus ini. Memulai dari keberaniannya berinovasi dengan sebuah jajanan yang bisa dibilang biasa saja yaitu makaroni tapi bisa disulap menjadi beberapa varian rasa dan memiliki cita rasa yang berbeda.
Menurut saya faktor pendukung berkembangnya bisnis usaha kecil menjadi besar ini adalah lokasi tempat yang strategis, komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan maupun kru dengan pembeli, memiliki sebuah nama usaha yang unik/menjual, jejaring media social dan mampu menciptakan inovasi baru dengan cita rasa yang berbeda dan disukai disemua kalangan masyarakat. 

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar