NAMA : MITA SEPTIANI
NPM : 25213517
KELAS : 4EB21
DOSEN : TANTI ARFIANTI DEWI
Kisah sukses usaha kecil menjadi
besar
Nama Usaha :
Makaroni Ngehe
Pemilik usaha : Ali Muharam
Jenis usaha :
Kuliner
Omset usaha : 3-5 juta perhari (pergerai)
Cabang Usaha : 11 cabang
Tahun berdiri : 1 Maret
2013
Modal awal :15-20 juta
Jumlah karyawan
: 90an karyawan (pada bulan
September 2015)
Kisaran harga : 5500-7500/bungkus
Berawal dari ketertarikan saya
ketika melihat gerai makaroni ngehe yang selalu ramai antrian dipenuhi oleh
para pembeli, dari anak kecil sampai orang dewasa. Dengan nama usaha yang unik, menambah rasa
keingintahuan saya untuk mencari tahu lebih dalam mengenai usaha cemilan ini.
Menurut pengalaman saya
pada saat datang ke gerai makaroni ngehe cabang jatiwaringin adalah tempatnya
yang tidak terlalu dipenuhi oleh meja, kursi atau hiasan-hiasan lainnya. Bisa dilihat
dari luar gerai hanya terdapat seperti tali pembatas untuk mengantri dan
disediakan beberapa kursi plastik untuk para pembeli. Dengan cara pelayanannya
yang unik yaitu semua bahan ditata di wadah terpisah di atas meja saji.
Tersedia dua bumbu pilihan, asin atau pedas, sesuai selera. Bisa jenis tunggal
atau kombinasi dari berbagai jenis camilan yang ada.
Pembeli juga bisa menentukan tingkat
keasinan atau kepedasan camilan. Sesaat setelah kru penyaji mencampur bahan dan
bumbu, pembeli dipersilakan mencicipi tingkat kepedasannya. Proses mencampur
itu menghasilkan suara unik dan menjadi atraksi tersendiri. Proses mengalami
itu menjadi nilai tambah yang menjadi daya tarik Makaroni Ngehe. Walaupun nama
usahanya ada makaroni tapi tidak semua menu makaroni, ada beberapa varian menu contohnya ada menu bihun, mie
kering dan otak-otak goreng.Jika dilihat dari omsetnya bisnis ini sangat
mengiurkan, karna pemilik pada saat itu yang berstatus mahasiswa dapat mencari
peluang yang sangat bagus ini. Memulai dari keberaniannya berinovasi dengan
sebuah jajanan yang bisa dibilang biasa saja yaitu makaroni tapi bisa disulap
menjadi beberapa varian rasa dan memiliki cita rasa yang berbeda.
Menurut saya faktor
pendukung berkembangnya bisnis usaha kecil menjadi besar ini adalah lokasi
tempat yang strategis, komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan maupun
kru dengan pembeli, memiliki sebuah nama usaha yang unik/menjual, jejaring
media social dan mampu menciptakan inovasi baru dengan cita rasa yang berbeda
dan disukai disemua kalangan masyarakat.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar